BERUBAHLAH, SETIDAKNYA UNTUK MENTERTAWAKAN ORANG-ORANG YANG MEREMEHKAN

   Emang bener sih pepatah yang bilang kalo hidup itu kaya roda berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Berdoa aja kalo lo di posisi bawah, roda lo gak patah, terperosok di lumpur, dan gak ada pendongkrak. Bener juga sih kalimat yang bilang "Jangan pernah meremehkan orang lain". Siapa tau bumi murka dan keadaan diputarbalikkan. Gue pengen cerita sama lo tentang temen kecil gue dulu yang sering banget gue ledekin.
   Dulu, gue pernah tinggal di Medan. Gue sekolah disana mulai dari kelas 3 sampe 4 SD.
   Jadi, gue punya temen. Sebut aja Y. Y itu cowok. Dia duduk di meja di sebelah gue. Gue deskripsiin, dia itu pendek. Iya gue bisa bilang kaya gitu karena dia emang lebih pendek dari gue. Trus anaknya juga pendiem gitu sih. Soalnya gue jarang liat dia main sama anak-anak yang lain. Disaat gue berasa jadi bos di kelas, dia masih anteng di bangkunya. Gue jarang banget main sama dia. Ngobrol cuma ala kadarnya.
   Setahun di Medan, gue pindah rumah ke Binjai. Kita pisah dan lost contact. Karena waktu itu jamannya yg seumuran gue masih bahagia kalo main bareng temen sampe maghrib dan dicariin nyokap, makanya kita belom kenal yang namanya punya hape pribadi dan media sosial.
   Empat atau lima tahun kemudian, kita udah naik kasta pake baju putih-biru. Uda mulai nyoba main pesbuk, eh ternyata kita ketemu disana. Gue masih inget banget, si Y ngirim pesan. Isinya tuh dia bilang kalo selama ini dia suka sama gue, tapi malu buat ngomong. Bla bla bla dia nembak gue dan gue ngakak bacanya. Sumpah, dari SD sampe saat itu gue gak ngerasa dia suka sama gue. Karena yang gue tau, dia suka sama temen sebangku gue. Gue nolak dia. Well, kita uda lama gak ketemu & gak komunikasian. Gue gak tau wujudnya waktu itu, dia juga gak tau wujud gue. Lagian, gue masih SMP dan sedang tomboy-tomboynya haha. Abis itu kita lost contact lagi.
   Januari 2015 kemaren, gue ngumpul sama temen-temen deket gue waktu di Medan. Posisinya, gue uda kuliah di Bogor & kemaren lagi pulang kampung. Rumpi sana-sini, temen gue nyeletuk. "Mak, inget Y, gak?" Gue spontan bilang, "Y yang pendek itu? Yang suka sama Nurul?" Jujur aja, setiap kali denger nama dia, yang terlintas di pikiran gue itu pasti pendek, terasingkan, dan Nurul.
   "Iya, Y yang itu. Sekarang dia uda di Tangerang, sekolah pelayaran." HAH? Cuma itu reaksi gue. Gimana bisa Y yang pendek itu bisa masuk sekolah pelayaran? Gak perlu mikir lama, gue langsung nginvite pin dia.
   Gue kepo banget, bolak-balik ngecek RU. Eh, langsung di-accept sama dia. Gue cek fotonya, ternyata bener. Dia emang Y, temen kecil gue yang badannya selalu jadi bahan ledekan. Diliat dari fotonya, dia emang uda berubah. Tinggi. Soal muka? Oke, jujur aja dia lebih menarik dari yang dulu. Sempet kepikiran nyesel nolak dia (dulu), trus sempet mikir juga nih anak perasaannya ke gue masih sama gak ya. Lumayan, kan? Temen kecil, Tangerang-Bogor juga deket sis haha. Well, emang bukan rezeki anak nakal. Ternyata si Y uda punya pacar dan CANTIK. Gue? Masih jomblo menikmati kesendirian. Untungnya, Y gak ngeremehin gue balik. Emang sih doi sempet bilang,"Makanya, dulu jangan ngeledekin aku pendek mulu. Sekarang siapa yang pendek?" Alhamdulillah sampe sekarang, gue masih komunikasian sama dia.
   Gitu sih ceritanya. Intinya sih pepatah yang gue bilang di awal paragraf tadi emang bener adanya dan itu beneran terjadi di hidup gue. Ambil positifnya, setidaknya gue gak boleh ngeremehin orang lain lagi. Tapi jujur, gue cuma iseng ngeledekin si Y, bukan bener-bener ngeremehin. Ya lo tau sendirikan becandaannya anak-anak itu gimana? Trus buat lo yang sering banget diremehin, selaw-selaw-bergerak sis. Berubah. Siapa tau suatu saat lo bisa ngetawain orang-orang yang ngeremehin.
   Well, buat Y yang pasti bakalan gue paksa buat baca nih tulisan: Tetep jadi temen kecil gue yang kalo gue denger namanya, yang terlintas di pikiran gue cuma PENDEK (walopun sekarang engga), jangan ada baper di antara kita hahaaa. Kita sama-sama merantau: lo disana dengan pelayaran lo, gue disini dengan IPB gue. You and I have our own red carpet. So, see ya on the red carpet, Yog!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERUNTUKMU, AKU MENULIS INI

NICHOL BILANG...

KAU TERUS BERLARI SEDANGKAN AKU LELAH MENCARI